Jangan dibaca

Di post gua ini akan akan memposting hal mengenai sains yang gak hampir gak kepikiran ama gua,ya lumayan menumbuhkan rasa minat gua terhadap membaca dan lumayan membuat gua mulai berpikir untuk menemukan peristiwa dalam kehidupan yang diangap remeh.

DAPATKAH ORBIT BUMI BERUBAH ANDAIKATA SATU MILIAR ORANG MELOMPAT BERSAMAAN ?



        Tidak,tapi yang pasti dukun pijat dan ahli patah tulang akan kebanjiran order,saya ambil contoh negara cina untuk proyek raksasa ini sebab cina adalah negeri berpenduduk paling banyak didunia,dengan dua setenagah miliar kaki yang berpeluang patah kaki,keseleo ,atau setidaknya pegal – pegal.
        Tidak sulit untuk menghitung besar energy dari gerak jatuh karena gravitasi.Dengan mengandaikan penduduk cina yang mencapai 1,2 miliar dan berat tubuh rata – rata 68 KG ,hantaman akibat jatuh serempak ini sama sumbangan energi ke permukaan bumi sebesar 1,6 triliun joule.besarnya kurang lebih sama dengan gempa bumi berkekuatan 5.0 pada skala Richter.gempa bumi ini sudah sering terjadi tapi tidak mengubah orbit bumi.
        Akan tetapi energi dari gempa bumi atau gempa kaki sebesar apa pun tidak mengubah orbit bumi, maka baik gempa bumi maupun orang cina yang ramai – ramai jatuh serempak.Planet bumi terus mengitari matahari karena benda angkasa memiliki sejumlah momentum,artinya bumi mempunyai massa tertentu dan kecepatan tertentu.Planet kita mengakut apapun ke atasnya akibat gravitasi,termasuk orang cina yang melompat.Kita semua membentuk suatu massa paket yang besar,maka tidak ada gerakan melompat ke atas atau ke bawah yang mengubah total massa bumi itu pun tidak dapat mengubah kecepatan planet,karena semua orang cina tadi diangkut mengarungi angkasa dengan kecepatan sama seperti planet lain,kita semua berada dalam sebuah wahana ruang angkasa raksasa yang berhubungan.seperti ilustrasi dengan mempercepat laju mobil dengan  memdorong kaca mobil.Juga tidak dapat mengangkat mobil dengang cara mendorong bagian bawah atap.

       Kita mungkin harus membahasnya berdasarkan Hukum Ketiga Newton tentang Gerak,yang pasti telah kita dengar jutaan kali (dan masih akan kita dengar,kecuali saya mengubahnya) : ‘’untuk setiap aksi selalu akan berakibat reaksi yang sama dan berlawanan arah”.Ketika orang cina mendarat,kaki mereka akan menyentuh tanah dengan besar gaya tertentu,tapi pada saat itu juga tanah mendorong arah yang berlawanan dengan besar gaya yang sama (Bukan gaya dalam Bahasa ya,dalam fisika :v).Dan jadinya,tidak ada gaya netto (keseimbangan) yang mempengaruhi gerak planet kita.Bila ada sekelompok orang yang mencoba gua akan membuka lapak pijak dadakan :v #absolutly Indonesia.Ilmu ini gua dapet dari buku,bukan mikir :v dan untuk post selanjutnya akan membahas hal yang menyerupai tapi tak sama kaya aku ama kamu :v.

Related Posts:

0 Response to "Jangan dibaca "

Post a Comment